#

Senin, 08 Oktober 2012

Tip Menghadapi SNMPTN

Tip-tip menghadapi SNMPTN 2011 jalur Ujian Tertulis

Artikel ini telah dibaca 2,965 kali

image8 Tip tip menghadapi SNMPTN 2011 jalur 
Ujian TertulisBMC – Awal Juni 2011 besok para siswa kelas 3 SMA akan bertempur di ajang SNMPTN untuk memperebutkan kursi kuliah di PTN. Setelah menjalani UNAS yang ternyata “enteng-enteng” saja, mereka biasanya kembali menempa diri di bimbingan belajar selama sebulan penuh sebelum menghadapi SNMPTN ujian tulis.
Tampaknya mengikuti program intensif di bimbingan belajar untuk menghadapi SNMPTN 2011 sudah menjadi hukum wajib, meskipun banyak juga siswa yang memilih les privat atau belajar mandiri. Bagi siswa yang mengikuti program intensif di bimbel sudah bisa dipastikan akan memperoleh ilmu kesaktian secara instan khusus untuk menghadapi SNMPTN, mulai trick cara menjawab hingga trick tertentu untuk menemukan jawaban suatu soal.
Kalau Anda adalah calon peserta SNMPTN yang sudah akrab dengan bimbel dan biasa belajar serius dan mandiri, maka trick semacam itu bisa dianggap angin lalu. Tetapi bila Anda baru pertamakali ikut bimbel khusus untuk menghadapi SNMPTN dan berharap memperoleh kesaktian instan, saran saya: berhati-hatilah! Tes Potensi Akademik (TPA) benar-benar bakal berpotensi menghadang laju karir belajar Anda!
Lepas dari semua itu, sebaiknya semua calon peserta SNMPTN mempersiapkan diri lahir batin dengan baik. Karena saat ini adalah sebuah langkah kecil yang bakal menentukan langkah besar Anda di masa depan. Jadi untuk waktu yang singkat ini benar-benar persiapkan diri Anda agar tidak menyesal di kemudian hari.

Tip-tip menghadapi SNMPTN 2011 jalur Ujian Tertulis

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan menjelang dan saat pelaksanaan SNMPTN:

1.    Mempersiapkan Sarana Ujian

a.    Persiapkan pensil 2B khusus untuk LJK beserta karet penghapus yang baik. Akan lebih baik bila Anda juga mempersiapkan pisau lipat/peruncing pensil yang mungkin akan berguna setiap saat.
b.    Saat Anda mengembalikan formulir ke Panlok, Anda akan diberi nomor ujian dan lokasi/tempat pelaksanaan ujian. Akan sangat baik bila sehari sebelum mengikuti SNMPTN Anda mengecek lokasi dan ruang ujian. Jadi, pagi hari berangkat mengikuti ujian, perasaan bingung dan gugup yang dapat memecah konsentrasi Anda tidak akan muncul hanya gara-gara  mencari lokasi ujian.
c.    Pastikan Anda memastikan jadwal pelajaran yang akan diujikan pada hari pertama dan hari kedua.
Ujian Tertulis
  • Selasa, 31 Mei 2011 : Tes Potensi Akademik & Tes Bidang Studi Dasar
  • Rabu, 1 Juni 2011 : Tes Bidang Studi IPA & Tes Bidang Studi IPS
Ujian  Keterampilan Ujian Keterampilan dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Juni 2011
Sedangkan materi Ujian Tertulis yang diujikan adalah:
  1. Tes Potensi Akademik (TPA)
  2. Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP):
    1. Tes Bidang Studi Dasar terdiri atas mata ujian Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
    2. Tes Bidang Studi IPA terdiri atas mata ujian Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
    3. Tes Bidang Studi IPS terdiri atas mata ujian Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
  3. Ujian Keterampilan untuk program studi di bidang ilmu keolahragaan dan/atau kesenian.

2.    Mempersiapkan Fisik dan Mental

a.    Berdoalah selalu kepada Tuhan, mohon berkat dan pentunjuk-Nya, supaya Anda dapat dengan lancar menjalani ujian.
b.    Persiapkan kemampuan intelektual Anda dengan belajar dan mengulang kembali materi pelajaran yang akan diujikan. Akan lebih baik bila Anda mencoba memperkaya konsep dengan banyak mengerjakan soal latihan.
c.    Meskipun belajar menjadi menu wajib, janganlah Anda memaksakan diri setiap saat terus menerus belajar. Anda harus cukup istirahat, makan makanan sehat dengan cukup, dan (bolehlah sebentar saja) refreshing. Ini berguna untuk menjaga agar stamina dan kesehatan Anda tetap stabil. Bila memaksakan diri dan jatuh sakit, Anda malah tidak dapat mengikuti ujian. Jadi imbangkanlah antara aktivitas belajar dan istirahat.
d.    Meski bukan suatu keharusan, dianjurkan sehari sebelum ujian Anda melakukan coolingdown (baca: tidak usah belajar) agar otak Anda istirahat dan menjadi fresh kembali, sehingga dapat siap digunakan dengan baik mengerjakan soal ujian esok hari.

3.    Saat Pelaksanaan Ujian

a.    Bangun pagi lalu menunaikan sholat subuh (bagi Anda yang melaksanakannya) akan sangat bermanfaat membantu memperkuat faktor spiritual Anda. Otak Anda akan merasa segar dan hati Anda akan merasa siap untuk menghadapi ujian hari ini.
b.    Sarapan terlebih dahulu merupakan kewajiban utama sebelum Anda berangkat ke medan ujian. Makanan akan mensuplai energi dengan cukup untuk otak dan tubuh Anda sehingga tidak ada gangguan fisik dan psikis saat Anda menghadapi soal ujian.
c.    Saat menghadapi soal dan LJK, utamakan untuk mengisi data pada LJK secermat dan selengkap mungkin. Tidak ada larangan untuk me-rechek kepastian Anda mengisi data dengan lengkap dan baik meskipun berkali-kali.
d.    Bacalah petunjuk mengerjakan soal, jumlah soal, dan kelengkapan lembar soal. Segera tukarkan dengan lembar soal yang baik pada petugas bila lembar soal Anda terdapat kekurangan/kerusakan.
e.    Usahakan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah lebih dahulu, baru kemudian mengerjakan soal yang lebih sulit. Hati-hatilah dalam menentukan jawaban, karena akan ada pengurangan nilai bila Anda menjawab salah (jawaban betul = +4, salah = -1, dan kosong = 0). Trik untuk menjawab soal harusnya telah Anda peroleh saat mengikuti program intensif di bimbel.
f.    Isikan jawaban Anda pada Lembar Jawaban Komputer dengan cara menghitamkan lingkaran jawaban secara penuh sehitam mungkin.
g.    Jika telah selesai mengerjakan soal, jangan buru-buru meninggalkan tempat ujian meskipun ada siswa waktu. Gunakan sisa waktu tersebut dengan baik untuk kembali me-rechek data pada LJK dan jawaban Anda. Pastikan semuanya aman dan baik-baik saja.
h.    Setelah selesai ujian untuk hari pertama Anda harus istirahat. Sangat tidak dianjurkan untuk membahas soal ujian hari pertama yang baru Anda tempuh, agar mental Anda tidak terpengaruh. Dengan demikian Anda akan dapat mempersiapkan diri dengan baik menghadapi ujian hari kedua.

4.    Sambil menunggu keluarnya pengumuman penerimaan, berdoalah dan pasrahkan semuanya pada Tuhan.